Sunday, December 28, 2008

Boleh Nggak Wanita Merokok??


Pagi-pagi benar saya terbangun dari tempat tidur saya. Seperti biasa, sebelum mempersiapkan diri saya ke sekolah saya mengecek email masuk serta sedikit memberik komentar di Wikimu, biar pikiran tambah fresh nantinya saat menerima pelajaaran di sekolah.

Ada sebuah email masuk dari seorang sahabat di Medan, yang isinya bagi saya sangat menarik untuk disimak. Pikirku sehabis membaca pesan itu, mungkin pikir dia saya perokok kali?

Tapi secara jujur dari lubuk hati saya yang terdalam, bahwa saya bukanlah perokok, lagian saya sendiri masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Tapi saya juga bukan seorang yang benci terhadap perokok. Karena semua orang memilki hak dan kewenangan untuk berbuat apa saja terhadap hidupnya.

Uraian artikel yang dikirimkan pada saat itu adalah mengenai rokok. Bahkan lebih spesifik ke wanita. Judul pada tulisan itu seperti ini "Bolehkan seorang wanita merokok?

Dalam tulisan itu diuraikan, beberapa contoh tentang teman-teman wanitanya yang sudah terikat dalam lingkungan perokok. Padahal beberapa temannya sering aktif di berbagai kegiatan kerohaniaan. Bagi saya sendiri membaca email ini tentunya harus bercermin ke lingkungan sekitar saya, adakah teman-teman wanita saya yang perokok?

Budaya Barat sangat berbeda dengan budaya Indonesia, bagi segelintir orang di Barat kalau wanita merokok itu adalah hal biasa. Jadi jangan heran, kalau di beberapa mal, banyak orang asing, khususnya wanita yang dengan tenangnya mengisap rokok.

Tapi tentunya di samping merokok, harus ada beberapa efek samping yang akan dihadapi oleh seorang perokok apalagi perokoknya adalah wanita. Dan saya sendiri bukanlah seorang dokter sehingga tidak bisa saya uraikan panjang lebar.

Dalam hal ini, saya minta partisipasi dari wikimuers sekalian, boleh nggak seorang wanita merokok. Padahal wanita punya banyak tugas dan tanggung jawab, diantaranya mengasuh anak-anak, mengatur keuangan dan lain sebagainya semua yang diperbuat seorang wanita kan diamati terus oleh setiap orang yang ada di lingkungannya.


Artikel Yang Berhubungan



2 comments:

  1. kaka ko betul tuhan itu adil

    kaka ade juga ada diblakan salam paniai kras

    orang papuamemang orang gunung palin karas trada yang bisa blok...amien deh

    ReplyDelete

Komentar anda...