Friday, May 29, 2009

Saya Bingung Dengan Ini???

OCTHO- Pikir saya saat itu, apabila saya sudah bisa akses internet dari rumah sepuasnya, maka akan menunjang segala kegiataan saya, termasuk kegiatan belajar di sekolah. Namun kenyataan harus berbicara laen. Karena internet tidak menjadikan diri saya berkembang, khususnya dalam hal pelajaran sekolah.

Malahan yang mengherankan, dengan mudahnya akses internet dari rumah, membuat semangat saya untuk bersekolah semakin menurun. Prestasi-prestasi gemilang yang pernah saya torehkan di sekolah tidak kunjung tercapai lagi. Dan hal ini sekaligus, ikut melemahkan tingkat kepercayaan saya pada sekolah, kalau dapat memberikan wawasan dan pengetahuan.

Saya mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang hidup di Papua dengan serba mewah. Karena apa? Karena bisa sepuasnya maen internet seharian, hampir 24 Jam, tanpa bayar sepersenpun. Padahal harga maen di warnet, sejam saja sudah 10 ribu rupiah. Dan ini sudah hal yang sangat luar biasa. Mana ada orang di Papua yang bisa maen internet sepuasnya seperti saya.

Hal ini seharusnya memacu semangat saya untuk belajar. Namun nyatanya tidak demikian, malahan hal ini membuat saya semakin terhimpit. Dan yang tidak habis piker lagi, dengan hadirnya internet, pikiran saya semakin kerdil untuk mempelajari dan memahami pelajaran sekolah.

Facebook membuat saya tergila-gila padanya. Seharian mungkin bisa bercanda ria depan internet ditemani Facebook. Tidak salah kata beebrapa orang, Facebook telah memperbudak setiap manusia. Sadar atau tidak sadar, sekali lagi saya mau katakan, bahwa yah, memang benar, kalau Facebook telah memperbudak saya.

Selain Facebook, ada lagi yang tidak terlalu kren, namun menguras segala waktu saya di depan Internet. Yaitu; Friendster, Ngeblog dan beberapa fasilitas laennya. Seharusnya saya yang harus bisa menguasai internet, namun yang mengherankan, internet yang telah membelenggu dan menguasai saya.

Secara jujur, kadang saya tidak pernah makan seharian, hanya karena bercanda, tawa ria depan internet. Dan bagi saya, bisa merasakan kebebasan dan menerima berbagai inforamsai dari internet, sudah tentu adalah segalanya. Memang kelihatannya hal ini agak lucu, dan bisa di katakan ini hal gila. Yah, tapi itulah yang sedang saya alami sekarang.

Sungguh, saya di buat menjadi gila pada dunia teknologi. Berbagai tugas sekolah sudah tidak pernah dikerjakan. Hampir 70% tugas sekolah saya tidak tuntas. Ini sudah tentu akan membuat saya semakin susah di tahun-tahun depan ketika saya menmpuh pendidikan yang lebih tinggi (kuliah).

Apa yang harus saya perbuat, ketika saya dibuat tidak berdaya dengan segala perkembangan internet saat ini. Hampir semua guru di sekolah selalu memarahi saya. Apa sebab? Yah, karena pelajaran sekolah saya menurun drastic.

Bagi mereka, ini merupakan hal yang aneh, apabila segala pelajaran sekolah saya, dan prestasi-prestasi gemilang yang pernah saya torehkan, baik dalam linkungan sekolah, maupun lingkungan luar sekolah tidak tercapai lagi. Di luar dugaan ternyata, banyak dari mereka yang sangat mengharapkan saya untuk menjadi orang yang berkembang. Khususnya dalam lingkup pelajaran sekolah.

Terlambat sekolah hal yang sangat lumrah atau biasa bagi saya. Padahal tau nggak? Jarak sekolah dengan asrama saya hanya 20 meter. Ini sudah di luar kesadaran, apabila masih bisa terlambat. Yah, tapi itulah kenyataan yang terjadi. Internet membuat saya malas belajar di sekolah.

Kosentrasi tidak pernah terarah pada guru yang sedang membawahkan pelajaran. Hanya membayangkan internet dan Facebook yang akan menjadi sahabat saya kala nanti saya pulang sekolah. Selain itu membayangkan Informasi baru apa yang akan saya dapatkan di dunia internet.

Pertanyaan saat ini, apakah saya harus berhenti main internet. Apakah saya harus melenyapkan internet dari mata saya. Apakah saya harus buang laptop saya yang agak kusam, karena kecintaan saya pada dunia pendidikan yang akan mengarahkan dan menentukan saya apa jadinya saya di masa depan. Harus ada solusi yang di ambil.

Sudah tentu tidak mungkin saya harus pisah dari internet. Karena apa sebab, internet juga telah membantu saya banyak hal. Terutama dalam dunia infomrasi dan pengetahuan yang saya dapatkan setiap detik, setiap waktu. Dan sudah tentu ini akan menjadikan saya orang yang sedikit jenius.

Apa yang harus saya lakuka? Saya masih bingung. Hal ini harus terjawab. Karena dalam waktu dekat saya akan hadapi ulangan semester. Dan kalau tidak selesaikan segala tugas saya sebelum ulangan, bukan tidak mungkin akan membuat saya semakin sudah menghadapi ulangan nanti.

Mungkin ada yang bisa memberi masukan terkati hal ini.. karena saya butuh siapapun yang bisa memberikan masukan dan pendapat, untuk membuat saya tidak menjadi korban dari internet. Seharusnya internet yang menjadi korban dari saya. Kalau ada tanggapan terkati hal ini, sangat diharapkan untuk membantu saya. Salah, Tuhan Yesus Memberkati.



headerr

Artikel Yang Berhubungan



2 comments:

  1. Alow...
    Dix Pa kbr??

    Menurut Z Bagus kalo ko su sadar,
    Sadar kalo dunia intrnet sudah menguasai ko.
    untuk memulai sesuatu tu berawal dari kesadaran diri kita mmasing2.

    ketiak kesadaran timbul dalam diri seseorang pasti secara tidak langsung akan di sertai dengan niat dalm diri yang timbul akibat kesadaran dari dlm diri kita masing2.

    Yang sa sarankan tuk Ko Dx,
    Satu langkah penting untuk memulai sesuatu ko sud apat yaitu sadar...
    skarang tinggal ko refleksikan ko pu kesadaran itu dan pasti disela2 itu ada niat kecil2 yang timbul..
    nah niat itu yang akan menjadi solusi untuk ko menghadapai dunia internet yang seakin menguasai ko.....

    Ingat jangan mudah tergiur dengan kenikmatan sesaat karena akan menghancurkan Niat yang paling besar dalam hidup kita yang akan bertahan lama bahkan sampai selama-lamanya.... ^_^

    JBU...

    ReplyDelete
  2. thaks kk OC, masukanya sangat berarti. Dan adik akan PERTIMBANGKAN semua masukan itu.

    GBU

    ReplyDelete

Komentar anda...