Wednesday, December 02, 2009

15 Tahun PESAT Membangun Pendidikan Berpola Asrama di Papua


Daniel Alexander: Mereka Anak-anak Yang Terpilih


Dengan pendidikan berpola asrama, PESAT Nabire telah hadir di Papua selama 15 Tahun. Ada yang luar biasa dengan pelayanan mereka, dimana mendidik anak-anak asli Papua sejak taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Bagi mereka, mendidik karakter seorang anak lebih penting, daripada hanya kepintaran dan kecerdasan saja.


POGAU- Pendidikan berpola asrama merupakan salah satu trik jitu yang dapat di gunakan untuk membangun Pendidikan di Papua, lebih khusus meningkatkan Sumber Daya Manusianya. Namum, tidak banyak juga yang menyadari hal ini, sehingga terkesan mengabaikan pendidikan pola asrama untuk anak-anak Papua yang membutuhkan pendidikan.

UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus sudah hampir 8 tahun hadir di Papua, namun tidak ada prestasi gemilang yang bisa Otsus torehkan untuk perubahan anak-anak Papua, khususnya di bidang pendidikan. Lihat saja hasil Study Univerisitas Indonesia yang di paparkan beberapa waktu lalu di Jakarta, yang menempatkan Provinsi Papua sebagai daerah buta huruf paling tinggi di Indonesia. Seharusnya tidak demikian, kenapa proposional dana Otsus untuk pendidikan yang milyaran rupiah belum bisa menjawab hal ini.

Hingga saat ini di Papua, hanya ada satu Yayasan yang mengembangkan pola pendidikan berasrama, yaitu Yayasan PESAT, mereka berdomisil di Kabupaten Nabire. Dan telah hadir di Papua hampir 12 Tahun lamanya. Sistem pendidikan berpola asrama yang mereka kembangkan, adalah dengan cara ber-asramakan anak-anak asli Papua dari TK-SMA, dan memiliki sekolah khusus yang tidak bisa dicampur baurkan dengan mereka yang ada di luar asrama.

Komentar Tentang Pelayanan Mereka


Gubernur Provinsi Papua, Barnabas Suebu, SH telah banyak bercerita tentang kinerja luar biasa yang Yayasan ini tunjukan selama hadir di Papua, lebih khusus telah di paparkan panjang lebar dalam bukunya “Kami Yang Menanam, Kami Yang Menyiram dan Tuhanlah Yang Menumbuhkan.

“saya sangat bersyukur kepada Tuhan, karena Yayasan PESAT hadir di Papua, dan telah mendidik dan mengajari sekian banyak anak-anak Papua, khususnya mereka yang datang dari pedalaman untuk menjadi manusia. Mewakili pemerintah daerah, saya mengucapkan banyak terima kasih untuk Yayasan Pesat,’ ucap pak Bas saat melaksanakan kunjungan di Yayasan ini beberapa waktu lalu.

Yayasan PESAT berdiri bermula dari kerinduan besar seorang hamba Tuhan, Pdt Daniel Alexander namanya. Beliau sangat berkeinginan melihat anak-anak Papua yang pintar, cerdas, terampil, kreatif serta berkarakter kristus. Baginya mereka sudah pasti bisa membangun Papua setelah keluar dari arena pendidikan dasar (TK-SMA) ini. Dasar yang kuat, sudah tentu mengarahkan anak ini untuk memilih dan menentukan araha hidup yang lebih baik lagi.

“saya yakin, mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin Papua yang hebat dan luar biasa. Mereka imamat yang rajani, anak-anak yang terpilih untuk membangun dan merubah Papua. Nanti kita bisa lihat kinejer mereka dalam beberapa waktu mendatang setelah mereka menyelesaikan studi,” pungkas Daniel beberapa waktu lalu di Nabire.

Menurutnya, pendidikan pola asrama paling jitu di Papua, agar setiap anak-anak tersebut bisa didik sesuai dengan ajaran-ajaran agama yang berlaku, serta mengembangkan ilmu pengetahuan untuk menjadi modal dasar. Guru-guru yang mereka datangkan untuk melayani anak-anak ini sangat luar biasa. Bahkan ada yang bergelar Dr, tapi dimana harus tinggal serumah dengan anak-anak, luar biasa bukan? Baginya, tidak cukup seorang anak hanya pintar dan cerdas, tapi yang terpenting adalah memiliki aklhak dan karakter yang baik, ini baru orang yang hebat. Dan setiap guru-guru yang ada mengajarkan tentang hal itu, dimana membentuk karakter dan akhlak dari pada setiap anak-anak didik.

“Lihat saja di Negara Indonesia, terlebih khusus di Papua, banyak orang pintar dan cerdas, semua mereka selalu korupsi terus, sehingga rakyat hanya menjadi korban. Tetapi beda, kalau pintar dan cerdas, di barengi dengan aklhak dan karakter yang baik seperti kristus, mereka akan menjadi lilin di tengah kegelapan, dan memang itu kerinduan terbesar saya membangun pendidikan berpola asrama di Papua,’ papar Daneil menjelaskan.

Selain itu Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Nabire, A.H Sihombing pernah berkomentar tentang keberadaan Yayasan ini, ketika memberikan kata sambutan dalam acara yang di selenggakan oleh SMA Kristen Anak Panah, salah satu sekolah yang didirikan Yayasan ini.

“PESAT Nabire hadir telah membantu meringankan beban pemerintah daerah, dimana bisa mendidik dan membina anak-anak Papua untuk menjadi manusia. Saya sangat berterima kasih untuk kerja ini. Banyak Yayasan di Kabupaten Nabire, tetapi kerja mereka tidak becus, namun selalu minta aggaran pendidikan dari kami, tetapi berbeda dengan Yayasan PESAT, lebih banyak bekerja, dari pada meminta,’ tandas Sihombing.

Lebih lanjut menurutnya, PESAT telah menyatakan bahwa membangun Pendidikan di Kabupaten Nabire, uang bukan segalanya, tetapi kesungguhan dan motivasi untuk mendidik-lah yang harus di kedepankan. Ini harus menjadi contoh bagi yayasan-yayasan, serta sekolah-sekolah yang lain di Kabupaten Nabire.

Kendala Mendidik Anak-anak Papua

Selain itu, menurut Kepala salah satu asrama di Nabire, Gestinov Hutubesy S.T bahwa mendidik anak-anak Papua sangat susah, di perlukan pendekatan kasih sayang, agar mereka bisa berubah. “mendidikan anak-anak Papua yang datang dari berbagai tempat, serta berbagai latar belakang memang sangat susah, tetapi kami menggunakan pendekatan kasih sayang, sehingga bersyukur anak-anak kami bisa menerima ini, dan banyak dari antara mereka yang memilki karakterk sangat baik, sopan, ramah, serta bergaul dengan siapa saja,” pungkasnya.

Lebih lanjut pak Gestinov mengatakan bahwa mereka mendidik anak-anak Papua dengan kasih, sehingga kedepannya anak-anak ini bisa membawah terang kepada siapa saja, terutama keluarga mereka sendiri. Dan kami sangat berkeyakinan, bahwa orang tua mereka juga akan di senang, melihat perubahan sikap hidup anak-anak mereka.

Banyak prestasi yang anak-anak kami torehkan, seperti ada beberapa anak-anak yang selalu mewakili sekolahnya untuk ikut Olimpiade di Jayapura, bahkan ada beberapa yang sempat ke Jakarta, dan tinggal lama di sana. Ini merupakan kebanggaan tersendiri buat kami yang di Asrama maupun Yayasan, dimana keluh kesah kami mendidik tidak sia-sia.

“selain itu juga, anak-anak kami telah belajar menulis melalui bulletin AGAPE yang mereka terbitkan setiap bulannya secara berkala. Disini terlihat anak-anak kami memilki potensi-potensi yang sangat luar biasa. Dan mereka tetap belajar dan belajar untuk mengembangkan Bulletin Asrama yang mereka miliki, tetapi pesan saya untuk mereka, jangan sekali-kali mengabaikan tugas utama, yaitu sekolah,” pungkasnya.

Sekolah dan Asrama


Selama 12 Tahun hadir di Papua, terlebih khusus di Nabire, Pesat telah membangun sangat banyak asrama, dan mereka sempat berpindah-pindah tempat. Terdapat 4 asrama. Asrama Anugerah (untuk anak-anak laki-laki SMP hingga SMA), Asrama Agape (untuk anak-anak perempuan SD), asrama gilgal (untuk anak-anak laki-laki dan perempuan TK hingga SD), dan terakhir asrama Yudea (untuk anak-anak perempuan SMP hingga SMA).

Sedangkan sekolah, ada beberapa taman kanak-kanak. Seperti TK Agapae, TK Shekina, TK Samabusa, TK Wanggar, dan ada beberapa TK lainnya di pinggiran kota Nabire. Pada umumnya, taman kanak-kanak ini di kelolah oleh yayasan Pesat, dengan latar belakang para guru yang umumnya di datangkan dari daerah jawa.

Selain itu, ada SD Kristen Agape yang berdiri sejak Pesat masuk di Kabupaten Nabire, kemudian berikutnya di dirikan SMP Kristen Anak Panah, setelah itu secara bertahap didirikan lagi SMA Kristen Anak Panah. Sampai saat ini, SMA Anak panah telah menamatkan dua angkatana, dan semua lulusan memang betul-betul tinggal didik di asrama sejak taman kanak-kanak hingga mereka lulus.


Jumlah anak-anak asrama secara keseluruhan, hampir mencapai 300 anak. Sebagian besar, atau hampir seluruhnya anak asli Papua. dan berasal dari berbagai daerah di Papua, seperti dari Kabupaten Intan Jaya (suku moni), Kabupaten Paniai (suku mee), serui, biak, bahkan ada yang dari daerah pegunungan Papua (suku dani).

Mereka semua hidup sangat bersahabat, dan terlihat hubungan kekerabatan yang sangat besar. Mereka sepertinya telah menjadi satu keluarga dalam sebuah yayasan. Dan bagi mereka, moment penting saat tinggal di asrama, akan selalu di kenang saat kemana saja mereka berpergian.

Setiap lulusan yang menamatkan SMA akan dikirim ke luar Papua untuk kuliah sesuai dengan kemampuan anak-anak itu. “kami berharap setiap anak bisa berprestasi, supaya kita bisa sekolahkan sampai di perguruan tinggi” jelas Eliezer Edo Odo, Ketua Yayasan Pesat Nabire, dalam sebuah kesempatan ketika duduk memberikan kejelasan kepada anak-anak Asrama.

Pelayanan PESAT, selain di Kabupaten Nabire, ada 9 tempat lagi yang mereka layani, seperti telah membuka sekolah-sekolah di Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Timika bekerja sama dengan LPMAK, serta beberapa daerah kecil lainnya di Papua. PESAT lebih khususkan diri bergerak di bidang pendidikan dan Kesehatan untuk Papua.(madiba)






headerr

Artikel Yang Berhubungan



1 comment:

  1. PACE TANKS FOR ARTIKELX...........
    TENTANG KAB, NABIRE

    ReplyDelete

Komentar anda...