Sunday, October 31, 2010

Siapa Yang Bobrok?

OCTHO- BUKU Alkitab di anggap sebagai kitab suci orang Kristen maupun katholik. Maka penulisan maupun terjemahaan buku suci ini haruslah benar dan tepat, hal ini juga agar kesuciaan Alkitab bisa di pertanggung jawabkan dan bahkan bisa di buktikan.

Tapi saya juga ingin menunjukan sedikit "kebobrokan" penulisan maupun penerjamaan Alkitab. Penerjemah yang "bobrok" atau justru para penulis alkitab yang "bobrok", kalian bisa menentukan penilaiaan dan sikap sendiri.

Injil Matius
Dalam Injil Matius 4:1-11 tentang bagaimana Iesus (Jesus) di cobai iblis di padang gurun; Cobaan pertama; Iblis minta batu di rubah jadi roti, Yesus menolak dengan tegas.

Kedua; Iblis membawa Yesus ke bubungan bait Allah, dan menyuruh Ia menjatuhkan diri, Yesus juga menolak.

Dan ketiga; Iblis memperlihatkan kepada Yesus kemegahaan kerajaan-kerajaan di dunia, dan akan memberikan kepada Yesus jika Ia sujud menyembah Iblis, namun lagi-lagi Yesus menolak dengan menyuruh Iblis pergi dari hadapanNya.

Masih topik yang sama, tentang pencobaan Yesus di padang gurun, tetapi kita lihat pada kitab injil yang berbeda.

Injil Lukas

Injil Lukas pasal 4; 1-13 juga menceritakan tentang pencobaan Yesus di padang gurun setelah berpuasa 40 hari lamanya.

Cobaan pertama sama dengan bunyi injil Matius, yakni; Iblis menyuruh Yesus mengubah batu menjadi roti, dan Yesus menolak.

Nah, yang berbeda di pencobaan yang kedua, Injil lukas menulis bagaimana Iblis menunjukan kepada Yesus kemegahaan kerajaan-kerajaan di dunia, dan akan memberikan jika Yesus sujud menyembah dia. Ini berbeda dengan pencobaan kedua pada kitab Matius, yang mana mengatakan bahwa Yesus di bawahd ke bubungan bait suci oleh Iblis.

Dan yang ketiga juga berbeda dengan yang di tulis Injil matius, pada pencobaan ketiga; Iblis membawah Yesus ke bubungan bait Allah dan menyuruh Yesus menjatuhkan diri.

Siapa Yang Salah?

Jadi, Injil Matius menulis berbeda, dan Injil Lukas juga menulis berbeda. Saya sendiri masih bingung, siapa yang bersalah. Injil lukas yang salah, Injil matius yang salah, atau justru penerjemah yang salah.

Ini patut kita diskusikan. Saya kira topik yang menarik. Semakin kita kritis, semakin kita bisa membuktikan sebuah "buku" yang di anggap kitab suci agama nomor satu di dunia ini.

salam,

Artikel Yang Berhubungan



3 comments:

  1. okto itu bukan kesalahan penulisan tetapi, memang demikian, injil matius, markus ,lukas, dan yohanes itu bukan satu orang karang tetapi, itu masing porang tiap injil ada pengrangnya sehingga itu memang ditulis demikian, bUKAN kesalahan penulisan yang harus di koreksi.

    ReplyDelete
  2. kalau saya sih sih sanagt percaya bahwa, alkitab Tdk pernah salah..siapa pun yg menambah atau mengurangi isi alkitab pasti dihukum TUHAn kita..kalau, tdi ka Okto blg bedA isi, hal itu bagi saya: alkitab tdk salah..coba, kak baca lgi dgn teliti dan minta pertolgan TUHAn, spy kak bzh ngerti maksudx itu..

    ReplyDelete
  3. yesaya Timika..
    yang penting tetap percaya bahwa Yesus Juruselamat mu nak,, kalo sempat telp bapa ya,, atau email ajadi yessaya.alexander@gmail.com
    bapa tunggu eeee... okto, bapa Yesaya mau minta tolong sesuatu ini,, God bless ya

    ReplyDelete

Komentar anda...